Bumi Tempat Hidup Manusia, Bulat atau Datar?

Bumi Bulat Atau Datar? – Rishankarangan

Ini adalah pembahasan lanjutan dari Teori Evolusi – Charles Darwin dan Manusia Pertama, Manusia Kedua dan Manusia Kesekian… Semoga output dari kategori Ilmu Pengetahuan di blog aku ini positif yah, jangan sampai ada negatifnya.

Dari pembahasan aku sebelumnya, dimana Nabi Adam dan Siti Hawa diturunkan Allah dari Surga ke Bumi, kronologis lengkap detik-detik penurunan beliau berdua ke bumi belum pernah aku dapatkan dimanapun. Maksudnya tidak ada riwayat Nabi Adam atau Siti Hawa bercerita, sebenarnya bumi itu datar atau bulat sih?

Padahal mereka berdua adalah kunci utama dari bangsa manusia yang mengetahui secara pasti bentuk bumi itu bagaimana. Dan tentunya Baginda Nabi Muhammad dengan peristiwa Isra Mi’raj, beliau pun mengetahui secara pasti bentuk bumi itu bagaimana.

Misterinya adalah tidak ada riwayat dari beliau bertiga yang menceritakan secara gamblang bagaimana bentuk bumi itu. Apakah beliau bertiga mempunya keajaiban tidak terbakar ketika melewati atmosfer? Kenapa beliau bertiga tidak menjelaskan secara pasti bentuk bumi? Mungkin beliau bertiga ingin kita sebagai manusia kesekian penasaran dan termotivasi untuk belajar ilmu pengetahuan tentang bumi.

Okay… kita mulai pembahasan tentang bentuk bumi dari otak yang netral dan murni mencari kebenaran dari sebuah ilmu pengetahuan tentang bentuk bumi. Jangan sampai kita bahas bentuk bumi itu bulat atau datar, kemudian kita berdebat keras sampai berantem. Semoga kita bisa berdiskusi untuk saling melengkapi dalam mencari sebuah kebenaran dari ilmu pengetahuan.

Kalaupun sampai paragraf terakhir dari tulisan aku, kesimpulan nya nanti masih belum pasti bumi itu bulat atau datar, barangkali aja suatu saat ada yang dikasih kesempatan oleh Tuhan untuk melihat secara langsung bentuk bumi itu bagaimana sih aslinya. Tiada yang tidak mungkin buat Tuhan. :rock’nroll:

Sebenarnya kalau boleh jujur, ingin aku skip saja bahasan bentuk bumi ini, tetapi setelah aku fikir-fikir bahas saja lah. Masa iya, setelah bahas tentang manusia gak bahas tempat tinggal manusianya. Nanti jadinya kategori Ilmu Pengetahuan di blog aku gak lengkap dong… seperti hidupku yang sekarang masih belum lengkap tanpa seorang istri di sisiku. :mrgreen: :mrgeen: :mrgreen:

Foto Bumi Bulat – sumber :nasa.gov

Aku sedari kecil sangat meyakini bumi itu bulat, karena dari kecil dapat pelajaran nya yah begitu. Dari SD belajar Ilmu Pengetahuan Alam, semua guruku mengajarkan bahwa bumi itu adalah bulat. SMP, SMA sampai kuliah pun aku masih meyakini bahwa bumi itu adalah bulat. Di tambah lagi visualisasi film barat, gambar-gambar dari NASA yang bisa aku lihat sepuasnya di Google Image menambah keyakinanku bahwa bumi itu adalah bulat.

Perubahan di otak aku terjadi sekitar 2 tahun kemarin, teman-teman di social media pada bahas komunitas yang meyakini bumi datar. Aku searching saja dengan keyword “Bumi Datar”, tidak ada yang berubah dalam otak aku, otak aku masih yakin dengan bumi itu bulat. Meskipun ada sekitar 7 saraf otak aku yang berbisik : “Jangan-jangan bumi itu datar?” Aku abaikan saja, yang aku tahu ribuan saraf otak aku yang lain masih yakin bumi itu bulat.

Yang ada malah ingin meledek, ingin ikutan mencibir mereka para komunitas Flat Earth alias mereka yang meyakini bahwa bumi itu adalah datar. Aku fikir mereka hanya berkhayal dan mereka aneh, soalnya foto dari NASA atau lembaga peneliti ruang angkasa dari berbagai negara pun kalau mengeluarkan foto bumi yah pasti bentuknya bulat.

2 tahun berlalu, sekitar 1 bulan kemarin aku tersasar ke channel Flat Earth 101 (Silahkan klik apabila penasaran dengan pengetahuan bumi datar), aku sudah melahap 7 video dari keseluruhan 17 video. Panjang-panjang banget, nanti lagi ah nontonnya, yang jelas aku benar-benar kena semangat mencari tahu bentuk bumi, setelah aku netralkan otak aku dalam posisi tidak tahu apa-apa.

Yang aku tahu, seluruh manusia penduduk bumi yang peduli dengan bentuk bumi itu terbagi dua, satu yang meyakini bahwa bumi itu bulat dan satu lagi meyakini bahwa bumi itu datar. Kita posisikan saja, dua kubu yang berbeda pendapat ini adalah hanya mereka yang belum pernah pergi ke luar angkasa yah. Jadi tidak melibatkan para astronot yang katanya sudah pernah ke luar angkasa dan memastikan bahwa bumi itu adalah bulat. Kalau astronot yah silahkan diskusi dengan astronot lagi, biar fair play.

Aku sedang malas buka contekan seingat aku saja yah bahasnya. Jadi pertama kita akan bahas argumen mereka yang percaya dengan bumi itu bulat :

  1. Sedari kecil pelajaran di sekolah mengajarkan bahwa bumi itu bulat,ada globe juga yang dirasa sangat rasional.
  2. Foto-foto tentang bumi bulat mudah dijumpai di Google Image.
  3. NASA sebagai lembaga peneliti luar angkasa paling maju di dunia, menyatakan bahwa bumi itu bulat.

Selanjutnya adalah argumen dari mereka yang percaya bahwa bumi itu adalah datar : jujur saja, aku tiba-tiba lupa semua argumennya. Jadi silahkan klik FlatEarth101 untuk lebih tahu jelas tentang argumen mereka. Ada sekitar 17 video yang bisa diplay disana, selamat menonton yah…

Jadi aku diposisi mana, aku mah sedang senang dan bahagia karena ada komunitas Flat Earth ini. Kenapa? Soalnya sabda baginda Nabi Muhammad : “Perbedaan diantara umatku adalah rahmat.” Kenapa Baginda Muhammad tidak menceritakan secara detail tentang bentuk bumi? Mungkin agar rahmat selalu mengalir dengan adanya perbedaan pendapat tentang bentuk bumi ini diantara umatnya.

Aku mah gitu, kalau ada yang bahas qunut atau tidak, tahlilan atau tidak, aku yah senyun-senyum saja. Aku sedang belajar senang menyikapi segala perbedaan diantara teman-teman muslim. Buat aku selama Tuhan nya adalah Allah, Nabi nya adalah Muhammad dan kitabnya adalah Al-Quran, ya sudah berarti secara KTP adalah sama dengan aku, yaitu Islam.

Kembali ke laptop topik, baiklah aku akan terbuka sekarang, jujur yah aku sedang di posisi meyakini bahwa bumi itu datar. Kenapa? Aku merasa sejalan dengan pemikiran-pemikiran dari video yang aku lihat di FlatEarth101. Tidak tahu ke depan nya yah, kali aja aku diajak NASA ke luar angkasa dan melihat sendiri bagaimana bentuk bumi, pasti akan aku jawab pertanyaan dari judul tulisan ini dengan lantang. Wkwkwk…

Kalau pun keyakinan aku ini salah, sepertinya ini tidak akan menjadi sebuah dosa. Karena ini tentang ilmu pengetahuan, tidak mungkin ada yang salah jawab dari pertanyaan berapakah 10/3 kemudian menjadi sebuah dosa. Jadi santai saja teman, mau yakin bumi itu bulat atau datar yah silahkan saja, asal jangan saling meledek dan mencibir apalagi sampai menghina. Spirit dari judul tulisan ini adalah semangat mencari ilmu pengetahuan, itu saja.

Terakhir, kesimpulan dari tulisan ini adalah aku masih mencari kebenaran dari bentuk bumi, apakah bulat ataukah datar walaupun sekarang aku sedang dalam posisi meyakini bahwa bumi itu datar. Aku merasa aku ini orangnya berfikiran terbuka, jadinya mungkin saja suatu saat keyakinanku tentang bentuk bumi ini berubah lagi.

Minimalnya kita sekarang sudah pasti mengetahui bahwa bumi yang kita tinggali ini mempunyai beberapa benua dan beberapa samudera yang sangat luas. Jadinya aku senang sekarang, sesudah bahas manusia pertama, manusia kedua dan manusia kesekian sekarang sudah bahas bentuk bumi sebagai tempat tinggal manusia. Jadinya aku bisa move on dengan sedikit lega untuk bahas hal-hal yang lainnya. Kalau ada teman-teman yang ingin diskusi dipersilahkan yah…

2 thoughts on “Bumi Tempat Hidup Manusia, Bulat atau Datar?

  1. @affanibnu June 18, 2018 / 11:44 am

    bentuknya bisa beragam.. ada yang kotak, persegi, segitiga.. tergantung pesanan..
    masnya minta yang rasa apa?

    #lho

    Liked by 2 people

Silahkan komen...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s