IAIN Cirebon, Al-Azhar-nya Cirebon

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sesuai dengan ceritaku dulu, kalau suatu saat nanti aku akan bahas tentang kampusku. Sekaranglah saat yang tepat akan kuceritakan kampusku yang penuh dengan ilmu dan cinta. Nama kampusku IAIN Syekh Nurjati Cirebon, terletak di Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon.

Aku diterima seleksi penerimaan PNS pada tahun 2008 sebagai Perencana pada bagian keuangan, sekitar 6 tahun aku bekerja di bagian keuangan. Kemudian satu tahun di bagian Pusat Pendidikan Komputer, dan terkhir di admin jurusan Bahasa Indonesia sampai sekarang.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, pada saat aku masuk kerja masih STAIN, barulah pada tahun 2010 naik pangkat menjadi IAIN. Ada banyak perubahan setelah kenaikan pangkat kampus, salah satunya lebih banyaknya peluang untuk mengisi jabatan baru dengan posisi yang lebih banyak.

Untuk urusan pendidikan, sesuai dengan namanya di kampusku setiap keilmuan bernafaskan Islam. Ada 3 Fakultas S1 di kampusku : Fakultas Tarbiyah (Pendidikan), Fakultas Syariah (Ekonomi) dan Fakultas Adadin (Adab, Dakwah dan Ushuludin). Selanjutnya ada program S2 yang aku lupa lagi apa saja jurusannya dan program S3 yang aku belum tahu nama jurusanya.

Kenapa di judul aku bilang IAIN Cirebon sebagai Al-Azharnya Cirebon, ini hanya menurut pendapatku saja yah. Begitu sih yang aku rasakan selama aku bekerja di kampusku ini, seperti yang aku ceritakan di atas, penuh dengan ilmu dan cinta.

Selanjutnya adalah dikampusku ada 10 Guru Besar alias Profesor dengan berbagai bidang keilmuan yang berbeda. Alhamdulillah aku tahu semua dengan para Profesor di kampusku dan semuanya pernah salaman denganku. Mereka para Profesor, bagiku adalah cahaya ilmu, yang dengan bertemu mereka saja kadang aku merasa semacam ada pencerahan.

Dengan keilmuan yang bernafaskan Islam, program Bahasa Arab dan Baca Quran menjadi wajib bagi setiap semester awal. Nah… ini juga yang menjadi alasan aku merasakan nuansa Al-Azhar mesir, padahal aku belum pernah kesana… wkwkwk… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Apa lagi yah? Ini dosen di ruanganku sedang pada bercanda riang, jadi materi tulisan ini pada kabur semua deh. Para mahasiswi berkerudung pastinya, apalagi tidak sedikit mereka yang memakai cadar, sungguh bagiku dulu itu agak aneh. Tetapi sekarang aku tersadar, aku berada di Al-Azhar-nya Cirebon. Tahu kan film Ayat-Ayat Cinta? Banyak yang seperti Aisyah, begitulah gambaran mahasiswi di kampusku. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Terakhir aku baru menyadari hikmah diriku yang “ditendang” ke jurusan Bahasa Indonesia, aku kini satu ruangan dengan para dosen yang semuanya ahli Bahasa Indonesia. Ditambah lagi ada dua Doktor Bahasa Indonesia yang keduanya wanita, aku benar-benar beruntung bisa belajar banyak tentang Bahasa Indonesia. Meskipun tetap saja, bahasa yang aku pergunakan itu lebih ke arah bahasa yang mengalir alias tidak baku. 😆 😆 😆

Penasaran dengan kampusku? Silahkan berkunjung kesini yah… nanti aku traktir seadanya, wkwkwk. Tanya saja ke satpam di kampusku, Andri Herdiana gituh, dijamin semua pada kenal. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: Ditunggu yah…

7 thoughts on “IAIN Cirebon, Al-Azhar-nya Cirebon

  1. amijasmine January 8, 2018 / 12:22 pm

    Ah,mau kesana secepatnya. Eh,tapi kang Andri lagi sibuk kerja. Ga jadi deh.

    Liked by 1 person

  2. digressingme January 13, 2018 / 7:29 pm

    papan namanya serem juga ya. Gak takut kena angin kenceng?

    Like

Silahkan komen...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s