Cerita Musik Aku

Tape Jadul dengan beberapa kaset yang mengeluarkan nada sunda yang indah

Musik memang tidak pernah lepas dari cerita hidupku, bahkan semenjak aku kecil, semenjak aku belum masuk SD, bahkan mungkin semenjak aku dirahim, nyanyian merdu mamahku sayup-sayup aku dengar (ngarang sedikit yang terakhir mah). :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Masa Sebelum Masuk SD

Lagu pertama yang aku ingat, tanpa bisa menyanyikannya itu adalah ketika umurku sekitar 4 tahunan mungkin, lagu dari Teh Nining Meida, ada Bajing Luncat, Es Lilin, Sorban Palid dan Borondong Garing. Soalnya papap aku sering menyetel di tape yang masih pake batu baterai ABC sampai 6 baterai kalau gak salah.

Dengan tape jadul itu aku pertama mengenal musik, yang terkadang Abah (kakek) aku suka menyetel lagu jaipongan yang aku dan adikku di daulat ngibing (joget) berdua, yang harus diakui adikku yang juga cowok lebih berbakat ngibing jaipongan, bahkan sampai dewasa kini, ia sering joget di panggung hajatan dengan diiringi lagu jaipongan, sementara aku tak pernah sekalipun sampe sekarang. Wkwkwk… Aku akui sedikit kalah dalam hal ngibing jaipong dari adikku. 😆

Sambil flashback, aku coba embed video dari lagu-lagu yang masih kuingat di masa-masa sebelum masuk SD. Silahkan diplay, check it out…!!!

Nah itu dia beberapa lagu yang masih aku ingat pada masa-masa sebelum masuk SD, terkadang kalau lagi hajatan aku suka mendengar beberapa lagu di atas. Itu membuat fikiranku terbang ke masa-masa itu, masa dimana aku masih seorang anak kecil yang sering berburu burung dengan katapel, nyari ikan pake sair (kurang tahu bahasa Indonesianya) dan bermain bebeletokan (pistol-pistolan dari bambu dengan peluru kertas yang dibasahi).

Oh yah… ada satu lagi yang terlewat, yaitu lagu dari Doel Sumbang satu kaset yang merupakan satu album. Tapi anehnya, pada saat aku mengetik tulisan asal nulis ini, aku hanya bisa mengingat satu lagu, hiks… ada apa dengan daya ingatku??? Judul lagunya kaduhung, silahkan di play, check it out…!!!

 

Dan ternyata setelah diubek-ubek di Youtube, judul lagunya itu Hese, bukan kaduhung, wkwkwk. Album Doel Sumbang ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya dunia musik aku. Aku yang dilahirkan dari rahim mamah yang orang Sunda, pun begitu juga papap aku yang juga orang Sunda, lagu-lagu Sunda dari Doel Sumbang menjadi pengiring hidupku, bahkan sampe sekarang.

Wah… sepertinya bahas cerita musik aku asik juga nih (semoga tidak asik sendiri saja, wkwkwk) dan sepertinya akan bersambung, kalau aku dikasih semangat nulis lanjutan ceritanya yah. 😆 Okay… jadi sekarang bersambung dulu yah guys…

2 thoughts on “Cerita Musik Aku

  1. arip November 17, 2017 / 12:45 am

    Nining Meida mah legenda sekali atuh. Lagu Doel Sumbang favorit mah ‘Kumalayang’ jeung ‘Sono ka Kodim’.

    Liked by 2 people

    • Andri Herdiana November 17, 2017 / 1:12 am

      Iyah… Sono ka kodim…
      Boga anak 5 kabeh milu ka indungna…
      Wkwkwk…

      Like

Silahkan komen...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s